Studi Analisis Program Bimbingan Konseling Komprehensif Berbasis Islam untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa

Moh Asror

Abstract


Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang (1) bagaimana pelaksanaan program bimbingan konseling komprehensif berbasis Islam di SMA 1 Gebog Kudus, (2) bagaimana upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan resiliensi melalui program bimbingan konseling komprehensif berbasis Islam di SMA 1 Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA 1 Gebog Kudus. Informan meliputi guru bimbingan konseling, kepala sekolah, wakil kepala, komite sekolah, siswa dan orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengambilan sampel menggunakan tehnik nonprobality sampling, dengan penentuan menggunakan purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan program bimbingan konseling komprehensif berbasis Islam dalam meningkatkan resiliensi siswa SMA 1 Gebog Kudus Tahun 2017/2018 sudah berjalan dengan baik dibuktikan dengan adanya kegiatan bimbingan konseling yang terjadwal. Kegiatan tersebut meliputi menentukan tujuan program,  menyusun program, melaksanakan program bimbingan konseling terdiri dari layanan dasar, layanan responsif, layanan perencanaan individual dan dukungan sistem, serta dengan melakukan evaluasi program bimbingan konseling sudah berjalan dengan baik;, (2) Upaya guru bimbingan konseling dalam pelaksanaan program bimbingan konseling komprehensif berbasis Islam dalam meningkatkan resiliensi siswa di SMA 1 Gebog Kudus dengan cara mengintegrasikan program bimbingan konseling dengan nilai-nilai agama, melakukan bimbingan secara komprehensif, melakukan koordinasi dan komunikasi kerjasama dengan berbagai pihak.

Keywords


Konseling Komprehensif; Resiliensi Siswa; Analisis Program BK

Full Text:

PDF

References


Bachrie, S. (2013). Pengembangan Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis ICT, Jurnal Bimbingan dan Konseling “PSIKOPEDAGOGIA”, 2(1), 1-15.

Farida & Saliyo. (2008). Teknik Layanan Bimbingan Konseling Islam. Kudus: STAIN Kudus.

Grotberg, E. H. (1998), The International Resilience Project. Paper dipresentasikan di 55th Annual Convention, International Council of Psychologist.

Grotberg, E. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children: Strengthening The Human Spirit. The Netherlands: Benard Van Leer Fondation.

Gumilang, G. S. (2017). Peran Orang Tua Sebagai Non-Direct Service dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif. Jurnal Fokus Konseling, 3(1), 1-11.

Isaacson, B. (2002) Characteristics and Enhancement af Resiliency in Young People. (A Research Paper, University of Winconsin-Stout, 2002). Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/5066112.pdf.

Kementerian Agama RI. (2011). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: PT Sygma Examedia.

Kurniawan, L. (2015). Pengembangan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan &Konseling, 1(1), 1-11.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rohmah, U. (2012), Resiliensi dan Sabar sebagai Respon Pertahanan Psikologis dalam Menghadapi Post-Traumatic. Academic Journal for Homiletic Studies, 6(2), 312-330.

Saliyo. (2017). Bimbingan Konseling Spiritual Sufi dalam Psikologi Positif. Yogyakarta: Best Publisher.

Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uyun, Z. (2012). Resiliensi dalam Pendidikan Karakter. Paper dipresentasikan Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islam (200-208). Surakarta: UMS.

Yunica, W. (2015). Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Exercise Untuk Pengembangan Resiliensi Diri Siswa (Penelitian Quasi Experiment Pada Siswa Kelas X MAN Kinali, Sumatera Barat Tahun Ajaran 2014/2015. (Thesis) Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i1.1-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Asror

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License