Implementasi Layanan Informasi menggunakan Media Interaktif berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Program Peminatan Siswa SMA

Choirunisa’ Choirunisa’

Abstract


Peminatan peserta didik merupakan program kurikuler yang disediakan untuk mengakomodasi pilihan minat, bakat dan/atau kemampuan peserta didik dengan orientasi pendalaman mata pelajaran dan/atau muatan kejuruan. Fenomena yang terjadi di SMA Negeri 1 Kalitidu, hampir seluruh siswa baru kelas X, masih belum memahami pengertian dari program peminatan dan cara memilih peminatan sesuai dengan kemampuan, sehingga siswa seringkali memilih program MIPA karena MIPA lebih baik dari IPS. Pemilhan program dengan cara seperti ini dinilai kurang tepat dan tidak memiliki dasar teori yang kuat. Oleh karena itu, untuk mencegah adanya siswa yang salah jurusan dan prestasi yang kurang memuaskan, konselor memberikan layanan informasi peminatan pada siswa kelas X. Penelitian  ini menggunakan metode penelitian eksperimen, untuk mengetahui apakah ada perubahan atau tidak pada suatu keadaan yang dikontrol secara ketat maka kita memerlukan perlakuan (treatment). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa layanan informasi menggunakan media interaktif berbasis powerpoint dapat meningkatkan pemahaman program peminatan siswa SMA.


Keywords


Peminatan; layanan informasi; SMA; eksperimen

Full Text:

PDF

References


Bencsik, A., & Machova, R. (2016). Knowledge Sharing Problems from the Viewpoint of Intergeneration Management. Paper presented at 4th International Conferenceon Management, Leadership and Governance 2016, St Petersburg, Rusia, 14-15 April (pp. 42-55). Rusia: Academic Conferences and publishing limited.

Christiani, L.C. & Ikasari, P.N. (2020). Generasi Z dan pemeliharaan Realasi Antar Generasi dalam Perspektif Budaya Jawa. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 4(2), 84-105.

Fataruba, D. (2017). Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. 1(1), 10-22.

Kemendikbud. (2013). Pedoman Peminatan Peserta Didik. Jakarta. Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kusri, A.M. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Peminatan Terhadap Kemantapan Pilihan Sekolah Lanjutan. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(1), 49-57.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43–48.

Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muttaqin, R., Wagimin, Tadjri, I. (2017). Keefektifan Layanan Informasi Karier Baerbantuan Video Interaktif dan Live Modeling untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 174-179.

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44.

Nurihsan, J. & Yusuf, S. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas.

Purwoko, B. (2008). Organisasi dan managemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa.

Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(2), 145–155.

Santoso, D.B. (2010). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. (Bahan ajar tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang.

Santoso, E. (2017). Millennial Finance. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarsunu, T. (2006). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Winkel. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yuliyanti, A. & Marlianti, C. (2021). Analisis Karakter Generasi Milenial Dari Sudut Pandang Buya Hamka. Jurnal Fakultas Ilmu Keislaman, 2(2), 1-9.

Zamroni, E., Sugiharto, D.Y.P., Tadjri, I. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Keputusan Karir Pada Program Peminatan Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 130-136.




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v2i2.115-124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Choirunisa’

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License