Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Counseling to Increase Students Learning Motivation
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisa, A., Hasanah, I., Hasanah, U., & Wahyuningrum, S. R. (2021). Self-Healing Untuk Mengurangi Stres Akademik Mahasiswa Saat Kuliah Daring. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(2), 136–153. DOI: 10.18326/pamomong.v2i2.136-153.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86. DOI: 10.17509/jpm.v4i1.14958.
Barida, M. & Sutamo. (2016). Pengembangan Instrumen Evaluasi "Self Evaluation" dan "Peer Evaluation" Layanan Konseling Individual di Sekolah Bagi Konselor. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2), 110-117.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. DOI: 10.37542/iq.v3i01.57.
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.
Effendi, B. (2021). Penggunaan Media Film Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(1), 59–68. DOI: 10.18326/pamomong.v2i1.59-68.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-196. DOI: 10.22373/lj.v5i2.2838.
Nurhayati, E. & Rozikan, M. (2020). Sinergitas Kegatan Keagamaan dan Layanan Bimbingan Konsleing dalam Mengembangkan Altruisme. Jurnal Pamomong, 1(1), 40–52.
Faizah, N. (2018). Rational Emotive Behaviour Therapy (Rebt) Dalam Menangani Kecemasan Penderita Ekstrapiramidal Sindrom Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 2(1), 47-59.
Corey, G. (2012). Teori Dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Hapsyah, D.R., Handayani, R., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 23–33. DOI: 10.33541/sel.v2i1.1002.
Hariyanti, D.D. & Muhari. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii G SMP Yayasan Pendidikan 17 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(1), 358-363.
Khodijah. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali press.
Konadi, H., Mudjiran, M., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Konselor, 6(4), 120-131. DOI: 10.24036/02017647887-0-00.
Lukita, D. & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145-161. DOI: 10.34005/akademika.v10i01. 1271.
Mauljannah, S., Nurrahmi, H., & Irfani, A. (2021). Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Dalam Perspektif Islam. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(2), 125–135. DOI: 10.18326/pamomong.v2i2.125-135.
Maullasari, S. (2021). Reality Counseling Approach As a Preventive Effort for People With Disabilities. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 2(2), 86–101. DOI: 10.18326/pamomong.v2i2.86-101.
Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2016). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 13(2), 1-13. DOI: 10.21831/jpai.v13i2.10304.
Muhadi, M. (2017). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior Teraphy (REBT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. (Unpublished master’s thesis) UIN Raden Intan Lampung, Lampung, Indonesia.
Pratiwi, C. (2021). Teknik Rational Emotive Behavior Therapy sebagai Salah Satu Upaya Meningkatkan Kemampuan Self Regulated Learning. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(1), 1–8. DOI: 10.31869/jkpu.v4i1.2548.
Prayitno. (2012). Seri Panduan Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP.
Purwati, I. (2017). Implementasi Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Menggunakan Konseling Kelompok pada Peserta Didik Kelas VII B di SSMPN 21 Bandar Lampung. (Unpublished master’s thesis) UIN Raden Intan Lampung, Lampung, Indonesia.
Putra, A., & Fitria, Y. (2020). Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Menangani Kecemasan Pasien Pra Operasi Getah Bening di RSUP Dr.M.Djamil Padang. At-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 1–19.
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar MengajarTitle. Jakarta: Rajawali press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2017). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 197–206. DOI: 10.24042/kons.v3i2.560.
Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan pengukuranya. Jakarta: Bumi Aksara.
Yanti, L. M., & Saputra, S. M. (2019). Penerapan Pendekatan Rebt (Rasional Emotive Behavior Theraphy) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Fokus, 1(6), 249–257.
Yasfin, M. A., & Ula, A. N. M. (2021). Implementasi Bimbingan Belajar Mengulang Kelas dalam Menumbuhkan Kemampuan Akademik Siswa Baru di Madrasah Qudsiyyah Kudus. KONSELING EDUKASI: Journal of Guidance and Counseling, 5(1), 63–83. DOI: 10.21043/konseling.v5i1.9899.
Yunita, M. M. (2017). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Pada Penderita Epilepsi Grandmal. Psibernetika, 9(2), 136-145. DOI: 10.30813/psibernetika.v9i2.470.
DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v3i1.15-24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fatimah Intan Nur’aini, Awik Hidayati, Aldila Fitri Radite Nur Maynawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License