Counselor’s Role in Managing Learning Loss in The Post-Pandemic Period
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 484–501.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837. DOI: 10.54371/jiip.v5i3.492.
Arifudin, O., Mayasari, A., & Ulfah, U. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767-775. DOI: 10.33487/edumaspul.v5i2.2333.
Budi, S., Utami, I.G., Jannah, R.N., Wulandari, N.L., Ani, N.A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Leaning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 5(5), 3607-3613.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140. DOI: 10.37542/iq.v3i01.57.
Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. E-Prosiding Nasional Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 10(1), 27–27.
Chen, L., Dorn, E., Sarakatsannis, J., & Wiesinger, A. (2021). Teacher Survey: Learning Loss is Global and Significant. Retrieved August 25, 2022, from Mckinsey website: https://www.mckinsey.com/ industries/ education/our-insights/teacher-survey-learning-loss-is-global-and-significant.
Chotimah, L.N., Ani, H.M., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(1), 75-80.
Firna, Aprianti, A., Maulina, R., Safitri, W., & Zaini, M. (2020). Peran Guru Bimbingan Konseling selama Pembelajaran Daring di SMA Bangka. IjoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 2(1), 67-71. DOI: 10.32923/ijoce.v2i2.1978.
Hares, S., & Mundy, K. (2020). Equity-Focused Approaches to Learning Loss during Covid-19. Retrieved August 25, 2022, from The Education and Development Forum (UKFIET) website: https://www.ukfiet.org/2020/equity-focused-approaches-to-learning-loss-duringcovid-19/.
Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. AoEJ: Academy of Education Journal, 12(2), 254–261.
Hastini, L., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. DOI: 10.34010/jamika.v10i1.2678.
Kaffenberger, M. (2021). Memodelkan Dampak Pembelajaran Jangka Panjang dari Guncangan Pembelajaran Covid-19: Tindakan untuk (lebih dari) Mengurangi Kerugian. Jurnal Internasional Pengembangan Pendidikan, 2(7), 1-8.
Kemendikbudristek. (2022). Kajian Akademik: Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbudristek.
Lubis, W. (2020). Analisis Efektivitas Belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141.
Makaria, E.C., Rachmayanie, R., Janah, R. (2022). Pendampingan Bimbingan Kelompok Siswa SMPN 1 Kapuas Barat Untuk Mengatasi Learning Loss. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian masyarakat, 6(2), 185-191. DOI: 10.30656/jpmwp.v6i2.4323
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Novia, W., & Wasehudin, W. (2021). Dampak Pandemi Covid terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PAI. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 8(1), 23–37. DOI: 10.17509/t.v8i1.28551.
Nugraha, D. C. A., Priharsari, D., Aknuranda, I., Liliana, D. Y., Fiaji, N. A., Hanggara, B. T., Putra, M. G. L., Hendini, I. P., Rahayuda, I. G. S., & Zulvarina, P. (2021). Bantuan Kuota Internet untuk Pendidikan dari Pemerintah Indonesia: Sejauh Apa Manfaatnya?. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 1(2), 70-80. DOI: 10.25126/justsi.v1i2.36.
Nurkholis, I. (2022). Analisis Kelebihan dan Kekurangan dalam Pembelajaran Daring di SDN Pesanggrahan 01 Kota Batu Malang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 143-148. DOI: 10.53624/ptk.v2i2.45.
Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Whatssapp. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429-237.
Pratiwi, W.D. (2021). Dinamika Learning Loss: Guru dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 147-153.
Rejeki, N. (2022). Analisis Learning Loss dan Strategi Recovery Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. Nusantara: Jurnal Oendidikan Indonesia, 2(3), 407-422.
Sae, D. & H. Sihorang. (2020). Analisis Hambatan Guru MIPA dalam Pembelajaran Daring di SMAS Kr. Rantepao Di Masa Pandemi COVID 19. EduMatSains, 1(1), 1–12. DOI: 10.33541/edumatsains.v1i1.2448.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsiyah, N. (2020). Pembelajaran Daring masa Pandemi Corona (Kegiatan Belajar di Rumah dalam Kelompok Kelas 4 MI As-Salam). Ibtida': Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 115-124.
Ulfah, U., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153-161. DOI: 10.54371/jiip.v5i1.392.
Widodo, A. & Umar. (2022). Apakah Learning Loss Berpengaruh terhadap Kemampuan Nurmerasi Siswa?. JS (Jurnal Sekolah), 6(2),1-6. DOI: 10.24114/js.v6i2.33371.
Yadi, R. (2015). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menangani Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 1(1), 104-117. DOI: 10.31602/jmbkan.v1i3.579.
Yuwanita, E. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Negeri 3 Pacitan. (Unpublished thesis) Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia.
Zhang, Q & Storey, N. (2022). Controversies Behind COVID Learning Loss: Historical Issues, Current Measurements, and Future Strategies. Theory Into Practice, 61(3), 300-311, DOI: 10.1080/00405841.2022.2096380.
DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v3i2.99-109
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tiara Wulandari, Amirah Diniaty, Amalia Madihie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License